Translate

Monday, May 21, 2018

Persaudaraan dalam Islam


Ukhuwah Islamiyah
الحمد لله الذي غمر صفوة عباده بلطائف التخصيص طولاً وامتناناً. وألف بين قلوبهم فأصبحوا بنعمته إخواناً. ونزع الغل من صدورهم فظلوا في الدنيا أصدقاء وأخداناً. وفي الآخرة رفقاء وخلاناً. والصلاة والسلام على محمد المصطفى وعلى آله وأصحابه الذين اتبعوه واقتدوا به قولاً وفعلاً وعدلاً وإحساناً
Pengertian Ukhuwwah al-Islamiyah.
Dalam kamus bahasa arab Ukhuwwah (الأُخُوَّة  ) berarti persaudaraan[1]. Jika kita sebut Ukhuwwah al-Islamiyyah ini berarti Ukhuwwah yang terjalin antar muslim karena ke-islaman-nya, bukan karena faktor lain. Allah Swt. berfirman:
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
Artinya: Orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. (al-Hujarat, 10)
Dalam tafsir al-Jalalain, kata “Ikhwah” ini ditafsirkan “Ikhwah fi ad-Din” yaitu bersaudara karena agama. Dalam Tafsir al-Khazin dijelaskan bahwa Iman dapat mengikat hubungan seseorang seperti terikatnya hubungan karena faktor keturunan, dan “Islam” laksana seorang ayah karena ia dapat mengikat hubugan antar pemeluknya seperti seorang ayah mengikat hubungan antar anak-anaknya.[2]
Imam al-Manawi dalam menafsirkan ayat diatas berkata:
(المسلمون إخوة) أي جمعتهم الأخوة الإسلامية بالحضرة المحمدية لاتحاد المرافقة في ورود المشرب الإيماني والمدد الإحساني وكل اتفاق بين شيئين أو أشياء يطلق عليه اسم الأخوة
Artinya: (Orang muslim itu bersaudara) yaitu mereka disatukan oleh Ukhuwwah islamiyah karena kehadiran ajaran Nabi Muhammad, karena mereka telah memiliki kepentingan sama dalam meneguk iman, dan saling berbuat baik. Setiap ada kerukunan antar dua perkara atau banyak itulah yang disebut “ukhuwwah”.[3]
Firman Allah SWT dalam surat Ali Imran ayat 103 :
وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَى شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ
Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.( QS. Al Imron:103 )
Banyak hadits Rasulullah yang menganjurkan kepada umat muslim untuk menjalin ukhwah antara lain:
مثل الأخوين إذا التقيا مثل اليدين تغسل إحداهما الأخرى وما التقى مؤمنان قط إلا أفاد الله أحدهما من صاحبه خيراً (رواه الديلمي)
“Perumpamaan dua orang yang bersaudara bila bertemu adalah dua tangan yang saling membasuh yang lain, dan tidak pernah bertemu dua orang mukmin kecuali Allah berikan kebaikan bagi salah satunya dari sahabatnya” (H.R. ad-Dailamy)
من آخا أخاً في الله رفعه الله درجة في الجنة لا ينالها بشيء من عمله (اخرجه ابن ابي الدنيا و الديلمي)
“barang siapa menjalin hubungan persaudaraan di jalan Allah akan Allah tinggikan derajatnya dalam surga yang tak dapat dicapai dengan sesuatu dari amalnya” (H.R. Ibnu Abi Dunya dan ad-Dailamy)
Ukhwah yang mendapat pujian dari Allah dan Rasulullah-Nya adalah ukhwah islamiyah fillah yaitu persaudaraan sesama kaum muslim yang bertujuan mencari ridha Allah, bukan persaudaraan yang didasari oleh tujuan mencari dunia seperti harta, pangkat, kedudukan dll.
Pentingnya Ukhwah Islamiyah
Tak ada pihak yang tidak menyadari pentingnya ukhwah islamiyah. Apalagi pada era ini, kaum muslimin bagaikan buih di lautan sehingga tidak memiliki kekuatan dan menjadi permainan bagi kaum kafir. Namun hal yang sangat sulit adalah membentuk ukhwah itu sendiri. Butuh upaya keras dan akhlak yang mulia untuk mampu mewujudkan ukhwah.
Keberhasilah dakwah Rasulullah tidak terlepas dari upaya Rasulullah membentuk ukhwah yang erat diantara sesama kaum muslim saat itu. Sebagaimana telah tersebut dalam kitab-kitab tarikh dan kitab-kitab hadits bahwa setelah kurang lebih lima bulan lamanya Nabi Muhammad saw berdiam di kota Madinah, maka Rasulullah mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dan Anshar bahkan mereka berhak menerima warisan dari saudara tersebut, ini berlaku sampai turunnya ayat yang menasakh hal ini.[4]
Sebelum datangnya Islam, Penduduk Jazirah Arabia pada umumnya, lebih banyak membentuk ikatan antar mereka dari sisi silsilah keturunan. Semakin dekat garis keturunan antara mereka, maka semakin kuat tali persekutuan. Izzah tertinggi (kemulian) bagi masyarakat ini adalah pengabdian kepada suku. Kepentingan seseorang adalah mewakili kepentingan suku. Pengabdian anggota suku adalah untuk suku masing-masing. Lantaran fanatisme kesukuan yang sangat tinggi, tiap orang berbangga atas kesukuannya, dan ketika tak ada kepentingan kecuali atas nama kepentingan suku, maka peperangan, kebencian dan permusuhan terjadi selama bertahun-tahun. Di Madinah kala itu berdiam dua suku Arab yang telah lama saling berperang Auz dan Khazraj. Akibat permusuhan yang berlangsung lama, kondisi dua suku Arab tersebut makin lama semakin buram, memburuk, memprihatinkan dan porak-poranda.
Ketika peperangan yang berlangsung menahun dengan tak ada salah satu pihak yang mengalah dikarenakan gengsi dan keangkuhan. Kelahiran Islam di kota Mekkah, tetangganya, memunculkan harapan baru. Nabi saw, akhirnya, diundang oleh beberapa orang yang sudah muak dengan peperangan dan kebencian tak berujung dari kedua suku tersebut untuk menjadi penengah. Nabi menyambut baik ajakan tersebut, dan akhirnya berangkat menuju Yatsrib yang selanjutnya diubah nama oleh Nabi menjadi Madinah al-Nabi. Dikenal masa-masa berikutnya dengan sebutan Madinah, atau Madinah al-Munawwarah. Awal perubahan inilah yang kita kenal dengan Hijrah Nabi, sebagai titik penting sejarah Islam dan kemanusian sekaligus, yang diabadikan sebagai awal penanggalan hijriyah dalam Islam. Hal pertama yang dikerjakan Nabi saat menjejakkan kaki di bumi Madinah adalah mempersatukan dua suku Arab yang saling bertempur. Nabi tak banyak mengalami kesulitan dalam mengupayakan hal paling mendasar dalam sebuah masyarakat, karena Nabi dari pihak ibu adalah berasal dari suku tersebut. Perdamaian kedua suku ini merupakan pilar pertama dari ajaran Islam, yaitu ukhuwah (persaudaraan). Barangsiapa yang mengaku beragama Islam, dia adalah akh (saudara) bagi seorang Muslim lainnya. Dan, Nabi saw berhasil menyatukan dua suku yang saling bermusuhan selama beberapa masa dalam satu payung Islam. Tak ada kedudukan lebih tingi, dan tak ada pula yang lebih rendah, semua sama, kecuali nilai taqwa. Tak ada persaudaraan yang abadi kecuali dikarenakan keimanan yang sama.
Bahkan pada waktu yang sama, Nabi memperkenalkan kepada mereka saudara baru yang berasal dari kota lain, Muhajiriin, orang-orang yang berhijrah bersama Nabi dari Mekkah. Identitas kesukuan tidak lagi ditonjolkan dan dijadikan kebanggaan, kecuali bahwa mereka penduduk asli Madinah adalah Anshar, para penolong, dan orang-orang pendatang sebagai Muhajiriin.
Hak-hak dan kewajiban dalam ukhwah
Imam Ghazali menggambarkan hubungan ukhwah islamiyah bagaikan hubungan pernikahan, sebagaimana dalam pertalian nikah ada hak dan kewajiban yang harus dipenuhi suami istri, demikan juga dalam hubungan persaudaraan sesama muslim ada beberapa hak dan kewajiban yang harus dipenuhi sebagai wujud dari ukhwah baik hal yang berkenaan dengan harta, jiwa, lisan, dan hati. [5]
  1. Hak atas harta
Hak saudara kita ini dapat dipenuhi dengan membantu dan menolong saudaranya dengan harta yang dimilikinya. Imam Gahzali membagi tingkatan membantu dengan harta kepada tiga kelas: yang paling rendah adalah menanggung kebutuhan saudaramu bagaikan pembantu kamu sehingga kamu akan memenuhi kebutuhannya dari kelebihan harta yang kau miliki. Kedua adalah memposisikan saudaramu dalam posisi dirimu sendiri sehingga kamu rela membagi sebagian hartamu untuknya. Dan yang tertinggi adalah mendahulukan kebutuhan saudaramu, demi berkorban untuknya, ini adalah tingkatan para shiddiqin.
Sifat inilah yang digambarkan oleh Ibnu Umar Ra tentang sifat shahabat Rasulullah saw ahli shuffah. Ketika salah seorang mereka mendapat hadiah kepala kambing, shahabat tersebut berkata “saudaraku lebih berhajat dariku” maka dikirimkannya kepala kambing tersebut kepada shahabat yang lain. Namun shahabat tersebut rupanya juga berpandangan sama, sehingga daging kambing tersebut dishadaqahkan kepada shahabat yang lain. Demikianlah seterusnya sehingga akhirnya daging kambing tersebut jatuh ke tangan shahabat yang pertama. Sifat shahabat Rasulullah tersebut Allah puji dalam Alquran surat Al Hasyr ayat 9:
وَالَّذِينَ تَبَوَّءُوا الدَّارَ وَالْإِيمَانَ مِنْ قَبْلِهِمْ يُحِبُّونَ مَنْ هَاجَرَ إِلَيْهِمْ وَلَا يَجِدُونَ فِي صُدُورِهِمْ حَاجَةً مِمَّا أُوتُوا وَيُؤْثِرُونَ عَلَى أَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
“Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka (Anshor) 'mencintai' orang yang berhijrah kepada mereka (Muhajirin). Dan mereka (Anshor) tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam kesusahan. Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang orang yang beruntung”.
  1. Hak atas tenaga
Ini dapat diwujudkan dengan memberikan bantuan berupa tenaga secara langsung. Memberikan bantuan tenaga juga terdiri dari beberapa tingkatan, yang paling rendah adalah bersedia membantu dengan senang hati ketika diminta sedangkan ia mampu memberikan pertolongan.
  1. Hak atas lidah
Hak-hak persaudaraan atas lidah kita adalah:
1.    Dengan cara diam serta tidak membuka kekurangan dan keaiban saudara kepada orang lain, baik dihapannya ataupun dibelakangnya serta berusaha menutupinya.
2.    Dengan mengeluarkan kata-kata yang baik, memanggilnya dengan panggilan yang baik dll.
  1. Memaafkan kesalahan
Setiap manusia tidak bisa lepas dari kesalahan dan tergelincir dalam pergaulannya. Maka untuk menjaga ukhwah sangat dituntut sifat mau memaafkan sesalahan saudara kita.
  1. Mendoakan semasa hidup dan sesudah meninggal
Doa kepada saudara sangat dianjurkan sehingga tidak membedakan dengan berdoa untuk dirinya sendiri. Doa terhadap saudara merupakan doa yang mustajabah. Dalam satu hadits Rasulullah bersabda:
يستجاب للرجل في أخيه ما لا يستجاب له في نفسه
“Allah mengabulkan  doa seseorangbagi suadaranya walaupun tidak dikabulkan untuk dirinya”.[6]
  1. Konsisten dan ikhlash
Persaudaraan karena karena akhirat tidak akan berobah walaupun statusnya telah berobah. Hal ini akan terlihat sebaliknya bila persaudaraan tersebut karena mengharap dunia. Banyak contoh dalam kehidupan sehari-hari yang kita temukan, persaudaraan yang putus ketika saudaranya telah jatuh miskin ataupun karena ia telah menjadi kaya sehingga mereka tak butuh kepada saudaranya.
  1. Berusaha memperingan dan tidak memberatkan.
Seseorang yang benar-benar mencintai saudaranya tidak akan melakukan hal-hal yang memberatkan saudaranya bahkan sebaliknya ia berusaha untuk memperingan beban saudara.
Silatur rahmi
Salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk membentuk ukhwah dalam kalangan yang lebih khusus yaitu kalangan kerabat adalah dengan selalu menjaga hubungan silatur rahmi. Imam Nawawi ra mengatakan; silatur rahmi adalah berbuat baik baik kepada kerabat menurut keadaan keduanya (washil dan maushul), maka kadangkala dapat diwujudkan dengan harta, membantu, mengunjungi atapun mengucap salam dan hal-hal  yang  lain.[7]
Demi menjalin silatur rahmi, pandangan fiqh memberi zakat kepada kerabat lebih utama,[8] dan dibolehkan menunda membayar zakat dengan alasan menunggu kedatangan kerabat.[9]
Selain dapat membentuk ukhwah yang kuat, silatur rahmi memiliki kelebihan yang lain yang besar disisi Allah sebagaimana Rasulullah sampaikan dalam beberapa hadits, diantaranya:
1.    Orang yang memelihara silatur rahmi maka Allah akan penuhi hak-hak hamba tersebut sebagaimana dalam Hadist Qudsy riwayat Abu Hurairah:
عن أبي هريرة قال الله تعالى أنا الرحمن خلقت الرحم وشققت لها اسماً من اسمي فمن وصلها وصلته ومن قطعها قطعته ومن بتها بتته
"Dari Abu Hurairah ra, Allah ta`ala berfirman: Aku adalah Ar Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga haknya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus dirinya."(H.R Imam Ahmad no.1681)
2.    Silatur rahmi adalah bagian dari tanda-tanda keimanan, sebagaimana dalam satu hadist Rasulullah bersabda:
مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاَللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاَللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاَللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ
“Barangsiapa yang beriman dengan Allah dan hari akhirat maka hendaklah ia memuliakan tamu, dan barangsiapa yang beriman dengan Allah dan hari akhirat maka hendaklah ia menyambung silatur rahmi dan barangsiapa yang beriman dengan Allah dan hari akhirat maka hendaklah ia berkata kebaikan ataupun diam”.(H.R.Imam Bukhari dan Muslim)
3.    Silatur rahmi memperpanjang umur dan melapangkan rizki sebagaimana sabda Rasulullah saw dalam hadist riwayat :
مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
“Barang siapa yang mencintai supaya dilapangkan baginya rizki dan ditunda baginya kematiannya maka hendaklah ia menyambung silatu rahmi”.(H.R.Bukhary no. 1961 dan Muslim no. 2557)
Diberikan kelapangan dalam rizki dan dipanjangkan umur tidaklah menentang dengan hadist-hadist lain dan ayat-ayat al-quran yang menyatakan bahwa Allah telah menentukan rizki dan ajal manusia, karena makna dipanjangkan umur dan diluaskan rizki adalah bertambah barakah pada umur dan hartanya sehingga dalam umur yang singkat dan harta yang sedikit ia akan dapat beramal dengan amal yang banyak yang biasanya hanya dapat dicapai dalam jangka umur yang panjang dan harta yang banyak, ataupun penambahan tersebut hanya pada Lauh Mahfudh yang terlihat bagi para malaikat, sedangkan ayat-ayat dan hadist yang menerangkan bahwa umur manusia tidak akan bertambah dan berkurang sedikitpun dimaksudkan kepada apa yang ada dalam ilmu Allah yang qadim.[10]
  1. Orang yang menjalin silatur rahmi akan Allah pelihara dari kematian dalam keadaan hina seperti mati dalam keadaan maksiat, sabda Rasulullah:
من سره أن يمد الله له فى عمره ويوسع له فى رزقه ويدفع عنه ميتة السوء فليتق الله وليصل رحمه
“Barangsiapa yang senang Allah panjangkan baginya umurnya dan diluaskan baginya rizkinya dan ditolak baginya kematian dalam keburukan maka hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dan menyambung silatur rahmi”.(H.R.Imam Ahmad)
Selain itu memutuskan silaturrahmi merupakan dosa besar,[11] banyak hadist dan ayat yang mengamcam orang-orang yang memutuskan silatur rahmi, seperti firman Allah dalam surat Muhammad ayat 22-23:
فَهَلْ عَسَيْتُمْ إِنْ تَوَلَّيْتُمْ أَنْ تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ وَتُقَطِّعُوا أَرْحَامَكُمْ أُولَئِكَ الَّذِينَ لَعَنَهُمُ اللَّهُ فَأَصَمَّهُمْ وَأَعْمَى أَبْصَارَهُمْ
 Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka Itulah orang-orang yang dila'nati Allah dan ditulikan-Nya telinga mereka dan dibutakan-Nya penglihatan mereka.
Dalam hadits shaheh Rasulullah bersabda :
لا يدخل الجنة قاطع
“tidak akan masuk surga orang-orang yang memutuskan (silatur rahmi)”
Dal masih banyak ayat-ayat al-quran dan hadist yang lain yang menerangkan murka Allah atas orang-orang yang memutuskan silatur rahmi.
Semoga persatuan antar kaum muslimin di Indonesia khususnya dan di dunia pada umumnya dapat terjalin sangat kuat sehingga masyarakat islam dapat kembali berjaya seperti pada masa ke-emasan-nya dahulu. Persatuan ini tentunya akan terjalin apabila kita mau menjunjung tinggi hak-hak ukhuwwah dan selalu menjalin silatur rahmi sebagaimana yang telah kami jelaskan diatas. Akhirnya marilah kita merenungkan kata Rasulullah Saw. Yang diriwayatkan oleh an-Nu’man bin Basyir:
الجماعة رحمة والفرقة عذاب
Berjama’ah ialah rahmat, bercerai berarti azab.

والله اعلم بالصواب

Samalanga, 25 Syawal 1433 H/12-09-2012 M.

Referensi:
1.      Imam Ghazaly ,Ihya `Ulumuddin Cet. Dar Fikr
2.      Az-Zabidy, Ittihaf Sadatil Muttaqin bi Syarh Ihya `Ulumuddin Cet. Dar Fikr
3.      Ibnu Hajar Al Asqalany, Fathul Bary jilid Cet. Dar Ma`rifah
4.      Tafsir al-Khazin, al-Maktabah asy-Syamilah.
5.      Al-Manawy, Faizhu al-Qadir, al-Maktabah asy-Syamilah
6.        Imam Ibnu Hajar al-Haitamy, az-Zawajir `an iqtirafi al-Kabair Cet. Dar Kutub Ilmiyah
7.      Sayyid Bakri Syatha, Hasyiah I`anatuth thalibin Cet. Haramain
8.        Syeikh Ibrahim bin Mar`a, Syarah Syabarkhaity Cet. Haramain




[1] Kamus Bahasa arab digital v30.
[2] Tafsir al-Khazin, al-Maktabah asy-Syamilah.
[3] Faizhu al-Qadir, al-Maktabah asy-Syamilah
[4] Ibnu Hajar Al Asqalany, Fathul Bary jilid 7 hal 271 Cet. Dar Ma`rifah
[5] Ittihaf Sadatil Muttaqin bi Syarh Ihya `Ulumuddin jilid 7 hal 76 Cet. Dar Kutub Ilmiyah
[6] Hadits ini disebutkan oleh Imam Ghazaly dalam kitab Ihya `Ulumuddin
[7] Imam Nawawy, Syarah Muslim jlid 16 hal 113 Maktabah Fayyadh bil Manshurah th 1997
[8] Imam Ghazali, Ihya Ulumiddin, Iitihaf Sadatil Muttaqin jilid 4 hal 133 Cet. Dar Fikr
[9] Sayyid Bakri Syatha, Hasyiah I`anatuth thalibin jilid 2 hal 176 Cet. Haramain
[10] Syeikh Ibrahim bin Mar`a, Syarah Syabarkhaity hal 99 Cet. Haramain
[11] Imam Ibnu Hajar al-Haitamy, az-Zawajir `an iqtirafi al-Kabair jilid 2 hal 104 Cet. Dar Kutub Ilmiyah

No comments:

Post a Comment